Pages

Labels

Sunday, December 9, 2012

Membuat Binding PHP


Konsep membuat binding ini adalah menampilkan sebuah pilihan pada inputan seperti menu combo box namun pilihan pada binding ini diambil dari data di database yang di panggilnya..
Sebelum kita memulai langkah-langkah tutorialnya, kita liat hasilnya untuk gambaran konsepnya..
Form untuk inputan..
dalam gambar di bawah saya menginputkan data siswa bernama foezi dan jurusan RPL pada menu binding pilih jurusan

Tampilan setelah data berhasil diproses
Dalam gambar di atas, hasil inputan maka akan ditampilkan sesuai yang di inputkan, namun pada input jurusan yang di beri binding, awalnya saya memilih RPL untuk di inputkan tapi yang muncul malah angka 121, itu bukan suatu kesalahan karena saya memberikan/memunculkan pilihan pada binding adalah nama jurusannya dan yang di simpan nya adalah kode jurusannya.. untuk lebih jelasnya lagi mari kita ikuti langkah-langkah tutorialnya..
   1.       Buat database dan dua table, table pertama “daftar_siswa” dan table kedua=”tbjurusan”. Beri isian data pada tbjurusan seperti pada gambar di bawah..
Table “daftar_siswa”

Table “tbjurusan”



 Data isian tbjurusan


    2.       Selanjutnya kita buat koneksinya.. disini saya membuat database dengan nama”binding”



    3.       Setelah membuat koneksi, selanjutnya buat form untuk inputannya

Keterangan :
Action adalah script yang berfungsi untuk melanjutkan program,,, contoh pada kasus form diatas berarti program dilanjutkan ke simpan.php . pada baris jurusan saya beri binding yang memunculkan pilihan nama_jurusan namun yang disimpannya jurusan nya atau kodenya..

   4.       Selanjutnya kita buat scipt untuk memproses data inputannya..
Include ialah sebuah script untuk meyertakan sebuah program yang di panggil,, contoh diatas ialah script koneksi.. simpan dengan nama simpan.php
   5.       Setelah kita membuat script simpannya,, kita buat script tampilan untuk mengetahui hasilnya..


Nah.. sampai disitu tutorial kali ini, semoga tutorialnya dapat bermanfaat. Dan mohon maaf bila ada kekeliruan.. jika ada yang perlu ditanyakan silahkan di Tanya kan di form komentar..


















1 comments: