Pages

Labels

Sunday, December 2, 2012

Membuat Script Input Menggunakan PHP


Konsep untuk membuat script input  data, yaitu dengan membuat form input melalui jenis pengiriman POST dengan nama tertentu dan memasukan data yang di inputkan dengan mengunakan script query insert. Namun sebelumnya harus ada koneksi  dengan database agar data dapat dinput ke database.
OK.. kita langsung saja buat script php untuk input data…
   1.       Buatlah terlebih dahulu table databasenya. .  dalam tutorial ini saya membuat table database data siswa dengan nama database “db_siswa” dan nama table ” siswa”, menggunakan
xampp/phpmyadmin


 
    2.       OK sekarang kita buat script php untuk koneksi dengan database
Koneksi.php
<?php
mysql_connect("localhost", "root", "");
mysql_select_db("db_siswa");
?>

Mysql_connect adalah script untuk melakukan koneksi dengan mysql dengan hosting “localhost”, userid “root” dan password dalam kasus ini tidak ada.  mysql_select_db("db_siswa")adalah untuk memanggil nama database yang akan di koneksikan. Buat folder baru di xampp/htdocs, simpanlah dengan nama koneksi.php

    3.       Selanjutnya kita buat script untuk form input nya..
Input.php



action=simpan.php  adalah script untuk membuat tindakan  pengiriman data  inputan ke simpan.php dengan jenis pengiriman POST.
    4.       Selanjutnya  kita buat script untuk proses inputnya..
Simpan.php

Include “koneksi.php”; adalah script untuk menyertakan script koneksi.php agar tampil.php dapat tersambung dengan database. Insert into siswa adalah script untuk membuat data baru ke dalam table “siswa” sedangkan yang ada dalam kurungnya yaitu nama-nama field yang ada di table “siswa” selanjutnya values adalah nilai atau data inputan yang sebelumnya pada proses input data di kirim dengan jenis POST dengan nama-nama yang disesuaikan diproses ” simpan.php” pada values nya.

    5.       Nah scipt nya sudah kita buat, tinggal pemangilan di browser. Selanjutnya buka browser anda ketikan di http nya localhost/namafolderAnda/input.php. Hasilnya adalah..


    6.       Jika inputan anda berhasil maka akan muncul “insert berhasil” dan jika gagal maka akan muncul “insert gagal”.





Nah Sampai disini tutorialnya gan.. jika ada yang tidak dimengerti silahkan ditanyakan saja di komentar..
Semoga bermanfaat tutorialnya..

0 comments:

Post a Comment